Pages

Wednesday, October 30, 2013

Pertemuan 5 & 6

Sistem Bilangan dan Pengkodean




Dasar Sistem Bilangan
Bilangan ialah suatu jumlah dan suku-suku angka.  Dimana tiap  suku  angka adalah merupakan hasil perkalian  antara  angka  dengan  hasil  perpangkatan  dan bilangan dasar, dimana pangkat ini sesuai dengan letak suku angka tersebut.
Jenis Bilangan Dasar :
         Bilangan Dasar Sepuluh (DESIMAL)
         Bilangan Dasar Dua (BINER)
         Bilangan Dasar Delapan (OCTAL)
         Bilangan Dasar Enambelas (HEKSADESIMAL)

BCD (Binary Coded Decimal)
Kode biner yang digunakan hanya untuk mewakili nilai digit decimal saja, yaitu angka 0 sampai dengan 9. Menggunakan kombinasi 4-bit, sehingga hanya 10 kombinasi yang dipergunakan.

SBCDIC (Standar Binary Coded Decimal Interchange Code
Kode biner yang dikembangkan dari BCD, BCD dianggap tanggung, karena masih ada 6 karakter kombinasi yang tidak dipergunakan, tetapi tidak dapat digunakan untuk mewakili karakter yang lain. SBCDIC menggunakan kombinasi 6-bit, sehingga lebih banyak kombinasi yang dihasilkan yaitu sebanyak 64 (26 = 64) kombinasi kode adalah 10 kode untuk digit angka, 26 kode untuk huruf alphabetic dan sisanya karakter-karaker khusus yang dipilih.

EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code)
EBCDIC banyak digunakan pada computer generasi ketiga, seperti IBM S/360. EBCDIC terdiri dari kombinasi 8-bit yang memungkinkan untuk mewakili karakter sebanyak 256 (28 = 256) kombinasi karakter.

ASCII 7-bit
ASCII singkatan dari American Standard Code for Information Interchange atau ada yang menyebut dengan American Standard Commintee on Information Interchange dikembangkan oleh ANSI (American National Standards Institute) untuk tujuan membuat kode biner yang standar. Kode ASCII yang standar menggunakan kombinasi 7-bit, dengan kombinasi sebanyak 127 dari 128 (27 = 128).

ASCII 8-bit
ASCII 8-bit terdiri dari kombinasi 8-bit. mulai banyak digunakan, karena lebih banyak memberikan kombinasi karakter. Dengan ASCII 8-bit, karakter-karakter graphic yang tidak dapat diwakili ASCII 7-bit, seperti α β ►◄ karakter dan sebagainya dapat diwakili.

Konversi Bilangan
Secara umum ekspresi sistem bilangan basis –r mempunyai perkalian koefisien oleh pangkat dari r.
anrn + a n-1 r n-1 + … + a2r2 + a1r1 + a0r0 + a-1 r -1 + a-2 r-2 + …


Materi :
P5&6

No comments:

Post a Comment